Janji adalah.. 

Janji adalah sebuah kontrak psikologis yang menandakan transaksi antara 2 orang di mana orang pertama mengatakan pada orang kedua untuk memberikan layanan maupun pemberian yang berharga baginya sekarang dan akan digunakan maupun tidak. Janji juga bisa berupa sumpah atau jaminan.

Janji dapat diucapkan maupun ditulis sebagai sebuah kontrak. Melanggar janji tak hanya sering dianggap sebagai perbuatan tercela, malahan juga ilegal, seperti kontrak yang tidak dipegang teguh.

=====

Diatas adalah kutipan yg sy comot dr definisi janji. 

Now, apakah janji bagi Anda? 

Sy yakin sekali bahwa kadar seberapa penting sebuah janji adalah berbeda pada setiap orang. Mengapa saya begitu yakin? Karena sepanjang hidup saya, saya begitu sering kecewa karena orang sering meremehkan janjinya kepada saya. 

Anda mungkin berpikir: “Ya salahmu.. Kenapa percaya sama janji org, jadilah kecewa.” 

Betul. Memang begitulah. Itu adalah murni kesalahan saya. Karena saya percaya pada Patrick dalam kisahnya dengan Spongebob. 

Spongbob: What If i break your trust someday? 

Patrick: Trusting you is my decision, proving me wrong is your choice. 

Ya. I really think what Patrick said is the right thing to do. 

Seberapa persen kita harus percaya dengan janji orang? Terutama orang yang sangat kita cintai. My answer is: Percayalah sebatas kemampuanmu kecewa.

Sejak kecil Mama saya selalu berkata: “Jangan pernah percaya orang (sedekat apapun) 100%. Karena orang yang paling dekat adalah orang yg paling bisa menyakitimu. Maksimal percaya orang 70% aja!”

Beberapa orang mungkin menganggap Mama saya terlalu banyak nonton sinetron, including my own father, tapi saya tidak. Saya tahu persis dan mengerti dengan jelas bahwa apa yang Mama katakan adalah benar sebenar-benarnya.

Lalu, apakah saya ikuti kata-kata Mama saya? Tidak juga sih 😛. Saya selalu percaya orang.. Mungkin jelasnya begini.

  1. Default nya saya adalah selalu percaya orang
  2. Seiring waktu berinteraksi, saya akan mencoba mengamati dia orang spt apa, saat ini saya akan mengatur kadar persentase kepercayaan saya
  3. Saya akan terus percaya hingga orang tsb membuktikan bahwa dia tidak bisa dipercaya

Untuk kasus biasa, saya bisa berkata seperti diatas bak motivator. Coba kalau urusan percintaan? Matilah kitahh!

Ya. Sejak dulu begitulah cinta.. Penderitaannya tiada akhir.. 

Biarpun orang tsb sudah melanggar janji ribuan kali, selalu saja ada alasan kita untuk memaafkan.

Kasian dia sudah datang malam malam. 

Tumben dia minta maaf duluan. 

Akhirnya dia mau minta maaf. 

Seneng deh akhirnya dia ngerti juga perasaanku.

Mudah2an lain kali dia ga begini lagi. 

Ya sudahlah dimaafin kali ini saja. 

Ya sudahlah hubungan lebih penting daripada apapun. Dia sudah minta maaf ya udah. 

Dan beribu pembenaran lainnya…. 

Mungkin Anda tertawa membaca alasan diatas karena Anda pernah mengalaminya. Pertanyaan berikutnya, setelah melakukan itu, apakah kekasih Anda berhenti mengulang kesalahan yang sama? Dan jika tidak, apakah Anda menyesal sudah memaafkannya? 

Tidak ada buku panduan pasti dalam menjalin percintaan. Tidak ada seorangpun juga yang bisa memberi nasehat terbaik bagi hubungan Anda. 

Hubungan Anda hanya bisa diatur oleh Anda sendiri, tentu saja dibicarakan berdua dengan partner Anda. 

Bagaimana jika partner Anda tidak bisa diajak berdiskusi? Jika itu yang terjadi maka banyak banyaklah meditasi hahaha. Jika itu yang terjadi, maka ukurlah diri Anda, seberapa kuat Anda akan menjalani ini. Seberapa pantas untuk dijalani. Ikuti hati Anda dengan tetap mengaktifkan nalar dan logika berpikir yang benar. 

AKAN TETAPI,  jika Anda merasa begitu tertekan dan menderita sehingga Anda pun sudah ragu apakah pikiran Anda masih sehat atau tidak, cobalah berkonsultasi.

Jangan meremehkan pikiran tidak sehat yang dihasilkan oleh hubungan tidak sehat yang berkepanjangan. 

Begitu banyak orang menderita karena cinta di dunia ini, dan Anda tidak perlu malu untuk berkonsultasi pada siapapun. 

Saya pun mengalaminya, jadi saya akan siap membantu Anda sebisa saya. Saya tidak akan bertanya siapa namamu dan nomor KTPmu. Saya hanya akan siap untuk mendengar ceritamu saja. 

Silahkan bercerita di kotak komentar, atau jika ingin lbh privat bisa tuliskan email di kotak komentar dan saya akan menghubungi Anda. 

Semoga Anda semua berbahagia. 

Semoga semua mahkluk berhagia. 

Leave a Reply

